PENGUATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN ABAD 21 MELALUI PENGINTEGRASIAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN
PENGUATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN ABAD 21 MELALUI PENGINTEGRASIAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN Oleh Hardian Ashari Widyaiswara Ahli Madya I. PENDAHULUAN a. Latar Belakang Pada abad ke-21 ini, kemampuan berliterasi sangat diperlukan oleh pemangku kepentingan di dunia pendidikan, utamanya peserta didik. Kemampuan berliterasi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif (Faizah et al., 2016). Hal ini sejalan dengan konsep Merdeka Belajar yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, dimana dikatakan bahwa proses pendidikan harus didasari dengan kemerdekaan berpikir, yang diawali dari guru dan diturunkan kepada siswa. Guru harus didorong untuk mampu melakukan interpretasi terhadap kurikulum, merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas dan terbebas dari belenggu administrasi, merefleksi, dan mengevaluasi capaian
Komentar
Posting Komentar